Wednesday, August 30, 2017
Meruqyah sumur yang berbau busuk
=======================
☘ True Story ☘
Oleh: Gusjack Bojonegoro (Praktisi Ruqyah Syar'iyyah)
Saya pernah ngruqyah sumur..awalnya sumur airnya bau busuk anyir..suah berulang kali di kuras ya teteb bau airnya.lalu saya ruqyah bi idzinillah sepulang saya dari rumah pasen.sumur langsung habis airnya,sampek orangnya terheran heran.lalu setelah subuh airnya penuh lagi adan airnya sudah gak bau lagi sampek sekarang..
Awalnya saya ini di minta untuk ngruqyah rumah,waktu saya wudu saya kaget,lalu saya bertanya airnya sumur kok kayak air comberan baunya..
Lalu orangnya mulai cerita prihal sumur tua itu..
Cara ruqyahnya gak ada yg istimewa bahkan terkesan setandat aja..
Lalu saya ambil air sisa buat ruqyah rumah,lalu saya tuangkan semua ke dalam sumur,sambil berkata ukhruj yaduwalloh..
Hasil yg mencengangkan .dan hampir saya srndiri juga gak percaya.tapi buktinya memang begitu..
Dan semua atas pertolongan allah..
Allohuaklam..
Habis di ruqyah air langsung asat.kayak sulapan.dan bertahun air bau.setelah di ruqyah baunya hilang..bukankah ini kejadian yg luar biasa..
Gak usah di kuras.gak usah nyari pumpa air.cukup di bacakan ayat alquran..dan hasilnya subhanalloh.. Kuasa Allah atas segala ciptaannya.
==================
🍃 Bekam Ruqyah Health and Care Yogyakarta
📚 Info Ruqyah syar'iyyah dan Bekam
(081326600913)
Peruqyah jangan sembarangan menafsirkan mimpi
Surat Yusuf ayat 36-37 menjelaskan mengenai 2 pemuda yang masuk dalam penjara bersama Yusuf, kemudian mkereka menceritakan mimpinya kepada Yusuf, maka Ibnu Mas'ud memberikan sebuah penjelasan.
Beliau menyatakan bahwa kedua pemuda itu sebenarnya tidak melihat atau mengalami mimpi-mimpi itu. Tapi mereka sengaja membuat-buat untuk menguji kemampuan Yusuf. Setelah Yusuf menjelaskan penafsirannya kepada mereka, lalu mereka berkata "Sungguh kami hanya bercanda".
Tetapi Yusuf menjawabnya dengan kalimat, "Telah diputuskan perkara yang kamu berdua telah menanyakannya kepadaku". (Alhakim dalam Fathul bari 12:477)
Ini menunjukan bahwa sebuah informasi mimpi yang dibuat-buat, mungkin sekali, dapat ditafsirkan menurut hukum tafsir mimpi, dan mungkin sekali terjadi apa yang ditafsirkan itu. Ini sebagai bukti bahwa Tafsir mimpi bukanlah permainan. Ini bisa menjadi 'Fatwa' seperti dalam perkara Agama.
📚 TDB
🖋 Mas Fat
Tuesday, August 29, 2017
kaidah diagnosa
==============
~~~~~~~~~~~~
Yg paling penting adalah diagnosa sebelum melakukan terapi. Jgn sampai diagnosa menimbulkan kegelisahan dlm hati pasien.
Syekh Abdullah as-Sadhan dlm bukunya Qawaid ar-Ruqyah asy-Syar'iyyah , menulis satu kaidah yg berbunyi :
لَا تُوْهِمْ مَرِيْضَكَ أَثْنَاءَ تَشْخِيْصِكَ
"Jangan buat pasienmu cemas (ketakutan) saat engkau mendiagnosa".
1.
Seorg peruqyah tidak boleh berasumsi dan menduga-duga penyakit yg menimpa pasiennya.
2.
Oleh krn itu, hendaklah ia menggunakan pikiran, pengalaman atau eksperimen yg sudah teruji kebenarannya secara pasti.
Jgn sampai seorg peruqyah berpegang pd adat istiadat yg turun temurun atau berdasarkan prasangka. Sehingga dia tidak akan mampu menyelesaikan masalah yg menimpa pasiennya.
3.
Tugas seorg peruqyah adalah memastikan penyakit yg menimpa pasien agar tidak terjadi kesalahan dlm menentukan solusi.
Untuk itu, seorang peruqyah harus mampu memastikan masalah dari gejala-gejala yg ada.
5.
Timbulnya masalah penyakit mesti ditelusuri melalui sebab-sebabnya atau asal muasalnya yg kita sebut dgn sejarah penyakit (tarikh al-maradh).
Dari sejarah penyakit (sebab-sebabnya) itu, baru akan diketahui, apakah dia terkena sakit jiwa (psikis) atau penyakit fisik atau gangguan jin.
6.
Hal itu, akan menghindarkan peruqyah dr asumsi yg salah. Seorg peruqyah mengatakan hal yg berbeda dgn peruqyah berikutnya. Satu mengatakan sihir, yg kedua bilang ain, yg ketiga vonis kena penyakit lain.
7.
Vonis yg salah akan menimbulkan kecemasan pd pasien dan keluarganya sehingga penyakitnya bertambah parah. Penyakit yg seharusnya hanya bersifat fisik bertambah dgn penyakit jiwa (pikiran).
8.
Terakhir, sebaiknya seorg peruqyah tidak baik mengatakan sesuatu yg belum pasti. Dan sebaik-baik keputusan adalah menyampaikan hal dapat menenangkan daripada mengatakan hal yg akan menyusahkan.
Wallahu a'lam.
=========
Musdar Bustamam Tambusai
Kajang, Kuala Lumpur : 29 Agustus 2017.
Saturday, August 26, 2017
SIMBISimbol dalam mimpi
Ustad Salahudin Sunan Al-sasaki
ﻣﺤﻤﺪ ﻭﺁﻟﻪ ﻭﺻﺤﺒﻪ ﺃﺟﻤﻌﻴﻦ . ﺃﻣﺎ ﺑﻌﺪ :
Tulisan saya kali ini sebenarnya sudah pernah saya bahas dan banyak sekali mendapat respon dari pembacanya.Respon ini tentu tidak terlepas dari masalah yang saya bahas yaitu masalah mimpi.Semua orang pasti pernah bermimpi dan hampir setiap kita tidur mimpi itu datang.
Disini saya bukanlah seorang penta'bir mimpi sehingga setiap orang yang membaca tulisan ini akan bertanya pada saya tentang tafsiran dari mimpi-mimpi mereka.Perlu diketahui bahwa menafsirkan mimpi itu membutuhkan ilmu tersendiri,terutama seseorang itu harus menguasai Alquran dan hadits dengan baik.Jadi tidak sembarang orang yang dapat dikatakan bisa menafsirkan mimpi.
Disini yang akan saya bahas adalah simbol-simbol yang berhubungan dengan binatang,orang,jin,dan serangga dalam mimpi yang menggambarkan seseorang yang bermimpi itu terindikasi ada sihir,'ain,dan gangguan setan.Sebelum kita membahas masalah ini lebih jauh alangkah baiknya kita perhatikan sabda Nabi ﺻﻞ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ yang berbunyi:
Dari Abu Hurairah ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ ,Nabi ﺻﻞ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ bersabda:
ﺍﻟﺮﺅﻳﺎ ﺛﻼﺙ ﺣﺪﻳﺚ ﺍﻟﻨﻔﺲ ﻭﺗﺨﻮﻳﻒ ﺍﻟﺸﻴﻄﺎﻥ ﻭﺑﺸﺮﻯ ﻣﻦ ﺍﻟﻠﻪ
“Mimpi itu ada tiga macam: bisikan hati, ditakuti setan, dan kabar gembira dari Allah.” (HR. Bukhari 7017).
Jadi pembahasan kita dalam tulisan ini menyangkut pembagian macam mimpi diatas yaitu; mimpi yang dari setan,dan kabar gembira dari Allah ﺳﺒﺤﺎﻧﻪ ﻭﺗﻌﺎﻟﻰ.Setan akan menampakkan diri dalam bentuk manusia,binatang buas, dan serangga dalam mimpi.
Dengan bentuk-bentuk ini kita bisa mengetahui jenis setan yang mengganggu,dan jumlah setannya.Ada satu hal yang sangat penting yang harus kita perhatikan dalam masalah mimpi dari setan ini yaitu; kapan kita bisa menganggap mimpi yang kita alami itu sebagai tanda bahwa mimpi kita menunjukkan kita terindikasi ada sihir,'ain,dan gangguan jin?
Syarat-syaratnya mimpi kita itu memang dari setan adalah: Pertama: Mimpi itu berulang-ulang,paling sedikit tiga kali dalam seminggu.Kedua: Setelah kita bermimpi kita merasa takut dan cemas sekali.Ketiga: Kehidupan kita tiba-tiba berubah,yang mulanya sehat berubah sakit,yang mulanya rajin berubah malas,dll.Saya minta tiga syarat diatas agar diperhatikan dengan baik.Dengan memahami syarat-syarat diatas,kita tidak akan cepat menvonis seseorang atau diri sendiri,setelah bermimpi,terindikasi ada gangguan sihir,'ain,dll.
Baiklah para pembaca yang dirahmati Allah pembahasan ini saya bagi menjadi tiga bahasan sbb:
1.Makna mimpi tentang binatang
2.Kenapa setan menakuti orang yang diruqyah melalui mimpi
3.Kabar gembira untuk orang yang sakit melalui mimpi.
Marilah kita mulai membahas tiga bahasan diatas dengan memohon taufiq dari Allah SWT.
1.Sering mimpi tentang kera,atau binatang-binatang buas lainnya.Mimpi ini menunjukkan setannya dari jenis maarid/yang sangat durhaka.Sama dengan mimpi melihat unta
Bila keranya atau untanya 1,makanya setannya satu,begitu seterusnyaJumlah binatangnya memberitau kita jumlah setannya.
2.Sering bermimpi tentang ular hitam menggambarkan setannya adalah setan yang bertugas sebagai khodam sihir.Bila ularnya sudah menggigit atau melilit kaki,itu artinya setannya sudah masuk ketubuh orang yg.disihir.Bila dalam mimpi ularnya mengawasi dari jauh,ini menandakan setannya sedang mencari kesempatan.untuk masuk ketubuh target dari sihirnya.Bila ularnya besar,maka setan ini memiliki kedudukan tinggi di kelompoknya.Bila ularnya memiliki sayap,maka dia dari jenis jin terbang.Apabila ularnya hanya melata,maka ini jenis jin yang tinggal dirumah-rumah kita.
3.Sering mimpi tentang kucing.Ini juga menunjukkan jin yang mengganggu.
4.Sering mimpi tentang landak,ini menunjukkan jin yang tinggal dirumah-rumah atau tempat-tempat yang tidak dihuni manusia.
5.Sering bermimpi tentang kelelawar menunjukkan jinnya jin terbang yg dikirim untuk perbuatan sihir.Sebagian besar jin kafir dan biasanya tinggal di wc.
6.Sering bermimpi tentang anjing.Bila anjingnya laki berarti jinnya lelaki.Bila anjingnya betina,maka jinnya juga perempuan.
7.Sering bermimpi tentang keledai dan babi,ini dari jenis setan yang sangat durhaka dan kebanyakan beragama yahudi dan nashrani.
8.Sering mimpi tentang serangga seperti; kecoa ini menunjukkan dari jenis jin yang rendah dan lemah.Biasanya tinggal dirumah-rumah.
9.Sering melihat burung dan jatuh dari ketinggian ini menunjukkan jenis jin terbang.
10.Sering mimpi bersetubuh ini menunjukkan jin pecinta
11.Sering mimpi berada atau melihat kuburan dan rumah kosong ini berarti jenis jin yang tinggal di kuburan.Biasanya jin khodam sihir dan yang masuk karena 'ain dan hasad.
12.Sering bermimpi tentang lelaki atau perempuan hitam,ini menunjukkan ada gangguan jin.Bila dia dalam mimpi berhubungan intim,maka jin ini jin pecinta.Bila didalam mimpi mengejar dan kelihatan benci,atau ingin menyakiti,maka jin ini kiriman dari sihir atau masuk lewat rasa dengki/hasad.
13.Sering bermimpi tentang jin yg berbentuk manusia,ini memang benar jin.Keadaan yg bermimpi tergantung pada bagaimana keadaan didalam mimpi.Misalnya yg bermimpi berkelahi dengan jin ini atau yg bermimpi mengusir jinnya dan menang itu artinya yg bermimpi menang dan bentengnya bagus.Begitu sebaliknya.Mimpi-mimpi seperti ini biasa di alami oleh orang yg sedang melakukan pengobatan dengan ruqyah.
Setelah kita membahas beberapa simbol-simbol diatas,sekarang kita akan membahas masalah lain yang juga sering dialami oleh seseorang yang mulai menjalani pengobatan dengan ruqyah syar"iyah.Kenapa setan itu sering.menakut-nakuti lewat mimpi yang menyeramkan?
Jawabannya adalah; pada dasarnya setan itu lemah dia hanya bisa kuat dengan dosa-dosa dan dengan menghalangi seorang pasien untuk tidak menjalani ruqyah lagi.
Ketika seorang pasien sudah menjalani ruqyah,maka setannya mulai merasa terganggu dan pertahananannya mulai goyah dan sebentar lagi akan hancur.
Dalam keadaan.seperti ini setan akan berusaha sekuat tenaga untuk tetap berada dalam tubuh orang yang dirasukinya.Mulailah setan ini datang lewat mimpi dan menakut-nakuti bahkan mengancam orang yang dirasukinya agar tidak melanjutkan.ruqyahnya.
Bagi orang yang sedang melakukan ruqyah dan.setannya mengancam atau menyakiti baik,lewat mimpi maupun lewat dunia nyata,saya sarankan jangan terkecoh tetap lanjutkan programt ruqyahnya karena itu hanya tipu daya setan.
Tetap semangat untuk melanjutkan.Lalu kapan seorang yang sakit mendapatkan mimpi kabar gembira untuk mengetahui apa yang menimpanya.dan juga mengenai kesembuhannya?
Jawabannya adalah:
1.Bila seorang ditimpa 'ain,maka dia melihat dalam.mimpinya dua mata yang memandangnya,atau mimpi bajunya dirobek.Mimpi ini biasa terjadi segera setelah melakukan ruqyah.Kadang juga bermimpi seseorang menyuruhnya mengambil bekas dari orang yang menimpakan 'ain kepadanya.
2.Orang yang terkena sihir bisa bermimpi tentang tempat sihirnya.Bila mimpi seperti ini cepat-cepat beritau peruqyah agar sihirnya dibatalkan.
3.Orang yang sakit bermimpi ditunjukkan jenis obat untuk penyakitnya atau mimpi membaca ayat-ayat dalam Alquran untuk kesembuhannya.Atau mimpi melihat daun bidara,madu,dan herbal-herbal lainnya.Ini adalah kabar gembira bagi yang sakit untuk segera melakukan seperti yang dilihat dalam mimpinya.
Demikianlah semoga bwrmamfaat.Aamiiiin
ﻭﺍﻟﻠﻪ ﺍﻋﻠﻢ
Friday, August 25, 2017
Thursday, August 24, 2017
kesaksian
Aku bisa menerawang perselingkuhan suamiku
Beratnya Istiqomah
Oleh: Ustadz. Patompo Adnan, Lc
Pengasuh Ponpes Selaparang Kediri Lombok BaratTuesday, August 22, 2017
pelatihan ruqyah jakarta
*IKATAN KELUARGA RISMA*
Menyelenggarakan :
*PELATIHAN DAN PENGOBATAN RUQYAH SYAR’IYYAH GRATIS CEMPAKA PUTIH - JAKARTA PUSAT*
*Komunitas Cinta Ruqyah (KCR) Tangerang*
Pemateri:
_Muhammad Hafidz, dan Abu azka SQ_
MATERI :
– _Tauhid dan Ruqyah_
– _Mengenali perbedaan ruqyah syar’iyah dan ruqyah syirkiyah_
– _Mengenali ciri gangguan jin_
– _Meruqyah gangguan jin Keturunan_
– _Mengenali Ain_
– _Mengetahui theraphy 'Ain_
– _Mengetahui cara membatalkan 'Ain_
– _Praktek ruqyah mandiri_
– _Praktek ruqyah pembatal 'Ain_
– _Praktek ruqyah berpasangan_
– _Praktek ruqyah berkelompok_
– _Praktek peserta meruqyah peserta lain yg terkena gangguan jin/sihir_
*Insyaa Allah akan di laksanakan pada* :
📆 : *Ahad / Minggu, 27 Agustus 2017*
⏰ : *08.00 – SELESAI wib.*
🕌 : *MASJID AL ISTIQOMAH*
🏠 : *JL. CEMPAKA CEMPAKA PUTIH TIMUR XVII RT.011 RW. 03 JAK - PUS*
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
📱 *CONTACT PERSON*
H. ADE ABDULLAH - 087881645868
RUDIANTO - 0857 1686 3625
ARVI - +628881850308
=============================
Bawa keluarga anda yang terkena penyakit *fisik, psikis dan gangguan jin / terindikasi terkena mahluk halus.*
Satu keluarga satu peruqyah , jadilah peruqyah untuk keluarga anda.
Tonton terus khazanah *TRANS7* setiap hari pukul 05.45 pagi.
Saksikan Channel _youtube NurishTv._
NB :
Panitia tidak menyediakan *makan siang*.
_Jamaah diharapkan masing2 membawa :_
*• Plastik kresek* dan
*• Air minum gelas / botol.*
Bawa semua *_JIMAT-JIMAT_* anda.
*Siapkan INFAQ TERBAIK anda*
Sebar dan beri manfaat untuk kerabat, teman, dan komunitas anda.
=============================
SEMANGAT DZULHIJJAH.....Keutamaan 10 hari pertama bulan Dzulhijjah
13 Ciri Praktik Perdukunan – Serial Layanan Ruqyah
Ciri praktik perdukunan adalah:
1. Bertanya nama pasien dan nama ibunya, bukan ayahnya.
2. Minta barang second hand (baju, kaos, celana dalam, sarung, sapu tangan dan sejenisnya)
3. Perlu bagian tertentu dari anggota tubuh (rambut atau kuku)
4. Minta hewan dengan jenis dan corak tertentu
5. Membaca mantra yang tak bisa dipahami, atau mencampurnya dengan ayat suci
6. Menulis rajah atau wifiq untuk pasiennya
7. Memberi Jimat, gembolan (pegangan) ke pasiennya
8. Menyuruh pasien mengisolir diri di tempat tertentu
9. Melarang pasiennya menyentuh air dalam kurun waktu tertentu
10. Memakai jimat atau menjadikannya sebagai media praktik
11. Menerawang kondisi masa lalu pasien (Nyongklok, tebak-tebak buah manggis)
12. Melakukan proses pengobatan jarak-jauh
13. Berkholwat (berduaan) dengan pasiennya yang lain jenis.
Kiat Menghindari Dukun
1. Ketahuilah bahwa dosa minta bantuan dukun itu sangat besar, agar kita mengerti resiko yang akan kita tanggung jika kita ke dukun. 2. Yakinlah bahwa dukun itu bukanlah manusia sakti, mereka manusia biasa seperti kita. Hanya saja mereka sedang dalam kendali syetan. 3. Minta bantuan ke dukun sama dengan minta bantuan ke syetan. 4. Ketahuilah bahwa yang bisa menyembuhkan kita dan menolong kita dalam berbagai macam permasalahan hidup hanyalah Allah. Bukan dukun. Karena dukun sendiri hidupnya juga bermasalah. 5. Carilah pengganti dari praktik perdukunan, dan tidak ada pengganti yang tepat dalam hal ini selain ruqyah syar‘iyah. 6. Sambunglah tali Allah dengan banyak beribadah kepada-Nya, sehingga kita tidak segan untuk memohon kepada-Nya di saat kita memerlukannya atau butuh bantuan-Nya. Warning Syari’at Islam Rasulullah shallallhu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Janganlah kalian mendatangi dukun. Mereka itu tidak ada apa-apanya.“ (HR. Bukhari). Di riwayat lain, “Suatu saat, ada sekelompok orang datang ke Rasulullah shallallhu ‘alaihi wa sallam. Di antara mereka ada yang menggenggam sesuatu di tangannya, dan di letakkan di balik punggung. Orang tersebut berkata, “Wahai Rasulullah, tebaklah apa yang aku sembunyikan‘. Rasulullah shallallhu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Aku bukanlah dukun. Karena para dukun dan praktik perdukunan yang mereka lakukan akan berada dalam neraka.“ (HR. Tirmidzi). Di hadits shahih lainnya, Rasulullah shallallhu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Bukan dari golongan kami, orang yang menentu-kan nasib sial dan untung berdasarkan tanda-tan-da (benda) burung atau lainnya, (yang bertanya dan yang menyampaikannya), atau bertanya kepa-da dukun dan yang mendukuninya, atau yang me-nyihir dan yang meminta sihir untuknya.” (HR. Al-Bazzar, dengan sanad Jayyid). Jauhi dukun, kembalilah kepada Allah. Wallohul musta’an.
Maraknya Jimat di Era Millenium – Seri Ruqyah Benda Keramat
Monday, August 21, 2017
Bekam, Bukan Sekedar Obat Masuk Angin
Menurut dokter Dharma Wijaya, ahli akupunktur dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, prinsip bekam alias kop sama dengan akupunktur, yakni merangsang kulit dan sistem saraf. Dari kulit, rangsangan tersebut bisa merembet sampai ke otot di bawahnya atau organ yang berhubungan dengan otot tersebut. “Cara ini bisa mengatasi berbagai masalah, seperti pegal-pegal, menghilangkan nyeri, dan masuk angin,” kata Dharma Wijaya.
Saat darah tak mengalir lancar, sisa-sisa metabolisme tubuh menumpuk di beberapa titik. Akibatnya, timbul rasa tak nyaman seperti pegal atau nyeri di titik-titik tersebut. Dalam terapi bekam, kulit ditarik ke atas sehingga peredaran darah dipaksa melebar. Sebagian pembuluh darah kapiler akan pecah. Darah pun kembali mengalir deras. Sisa metabolisme yang tersumbat tadi juga ikut mengalir. Pembuluh kapiler yang pecah itu meninggalkan bekas berupa tanda kemerahan atau kebiruan pada permukaan kulit. “Pecahnya pembuluh darah ini tidak berbahaya, asal tak berlebihan,” ucap Dharma.
Sejatinya, bekam sudah lama ada dengan nama berbeda-beda di tiap negara. Di Cina, bekam dikenal dengan istilah pa ho kwam, di Arab disebut sebagai hijamah,dan cupping menjadi namanya di Inggris. Pada era Mesir Kuno, terapi ini sudah dipraktekkan pada 1.500 sebelum Masehi. Adapun masyarakat Yunani Kuno mengenalnya pada 413 sebelum Masehi dan di Cina terapi ini ada sejak lebih dari 2.500 tahun lalu. Praktek serupa diperintahkan Nabi Muhammad kepada umat Islam sebagai sunah.
Dulu, bekam dilakukan dengan menggunakan tanduk binatang, sehingga disebut juga sebagai terapi tanduk (horn therapy). Kemudian, tanduk digantikan oleh gelas kaca. Kini, peralatan terapi ini terus berkembang. Selain gelas atau tabung berbentuk seperti lonceng, alat yang digunakan adalah jarum kecil (lancing device) atau silet antiseptik untuk melukai kulit, pompa tangan (handpump) untuk menyedot, dan sarung tangan kesehatan (rubber glove). Untuk menghindari penularan penyakit antarpasien, jarum atau silet hanya boleh dipakai sekali.
Ada dua jenis bekam yang berkembang, yakni bekam basah dan kering. Bekam kering hanya memanfaatkan gelas yang dipanaskan atau tabung yang disedot dengan pompa tangan. Adapun bekam kering memakai jarum atau silet kecil untuk menusuk-nusuk kulit sehingga darah dari pembuluh darah kapiler, yang terletak hanya beberapa milimeter dari permukaan kulit, bisa keluar.
Menurut Dharma, karena yang keluar adalah darah dari pembuluh kapiler, warnanya merah gelap. “Beda dengan dari pembuluh darah arteri, warna darahnya lebih terang,” katanya. Terkadang, darah tersebut bercampur dengan cairan organ di sekitarnya, sehingga berbentuk seperti lendir. Makin banyak darah merah gelap yang keluar, Dharma melanjutkan, reaksi terapi diyakini makin kuat.
Tapi, jika berlebihan, bisa-bisa pasien menjadi lemas. Menurut dia, terapi ini memiliki kelebihan, yakni bisa dilakukan dengan mudah dan murah. Efeknya pun langsung cepat terasa. Tapi, karena diaplikasikan hanya pada permukaan kulit, terapi ini tak bisa mengobati penyakit berat seperti tumor, kanker, dan penyakit jantung akut. “Kalau untuk pegal-pegal saja, bisa,” ujarnya.
Bagi yang ingin menjajal terapi ini, Dharma menyarankan agar tak keseringan. Sebab, terapi ini bisa menimbulkan peradangan atau luka pada kulit. Jika ingin melakukan bekam lagi, tunggulah sampai peradangan itu sembuh . Kondisi tubuh saat akan melakukan terapi juga harus fit, tak boleh terlalu lemah—misalnya karena sakit—dalam keadaan kenyang, atau mabuk. Musababnya, dalam keadaan tersebut, terapi ini justru akan membuat tubuh makin lemah.







