Sunday, May 28, 2017

AMALAN UNGGULAN DIBULAN RAMADHAN (2)

Amalan Unggulan lainnya yang harus kita berikan perhatian lebih untuk bisa melaksanakannya adalah Menjaring Lailatul Qadr. Dalam surat al-Qadr kata ‘Lailatul Qadri’ diulang sampai 3 kali, guna mengagungkan malam tersebut serta menarik perhatian siapapun yang membacanya agar lebih ‘Ngeh’dengan malam tersebut.

Lailatul Qadar adalah malam yang sangat istimewa, karena malam tersebut adalah malam yang penuh kedamaian, karena Allah tidak menakdirkan di malam tersebut melainkan keselamatan. Berbeda dengan malam-malam lainnya, Allah menakdirkan keselamatan dan musibah. Ada juga yang berpendapat bahwa malam itu disebut dengan Lailatul qadri karena banyaknya do’a keselamatan yang dipanjatkan oleh para malaikat untuk kaum mukmin dan mukminah hingga terbitnya Fajar atau Shubuh.

Ada riwayat yang menjelaskan kronologi adanya Lailatul qodri untuk ummat Nabi Muhammad saw. Tapi hadits itu didhoifkan oleh Syekh al-Albani:

إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- أُرِىَ أَعْمَارَ النَّاسِ قَبْلَهُ أَوْ مَا شَاءَ اللَّهُ مِنْ ذَلِكَ، فَكَأَنَّهُ تَقَاصَرَ أَعْمَارَ أُمَّتِهِ أَنْ لاَ يَبْلُغُوا مِنَ الْعَمَلِ مِثْلَ الَّذِى بَلَغَ غَيْرُهُمْ فِى طُولِ الْعُمْرِ، فَأَعْطَاهُ اللَّهُ لَيْلَةَ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ.

Artinya: “Sesungguhnya Rasulullah saw. diperlihatkan umur-umur manusia sebelumnya -yang relatif panjang- sesuai dengan kehendak Allah, sampai (akhirnya) usia-usia umatnya semakin pendek, (sehingga) mereka tidak bisa beramal lebih lama sebagaimana umat-umat sebelum mereka beramal karena panjangnya usia mereka, maka Allah memberikan Rasulullah Lailatul Qadr yang lebih baik dari seribu bulan.” (HR. Imam Malik).


Kapan terjadinya Lailatul qodr? Jawabannya sampai kapanpun masih misterius, karena Allah merahasiakannya semoga kita terus berlomba-lomba memperbanyak kebaikan di malam-malam Bulan Ramadhan, tidak hanya giat saat Lailatul qadr saja. Meskipun begitu, Rasulullah saw. Telah memberiathukan kepada kita rentang waktunya, yaitu di sepuluh hari terakhir Ramadhan terutama di 10 hari terakhir, seperti yang beliau sabdakan dalam riwayat ini:

كَانَ رسولُ الله -صلى الله عليه وسلم- يُجَاوِرُ فِي اْلعَشْرِ اْلأوَاخِرِ مِنْ رَمَضَانَ وَيَقُوْلُ: تَحَرَّوْا لَيْلَةَ اْلقَدْرِ فِي اْلعَشْرِ اْلأواخِرِ مِنْ رَمَضَان. (رواه البخاري)

Artinya: “Saat Rasulullah saw. menjelang 10 hari terakhir di Bulan Ramadhan, beliau bersabda, “Carilah Lailatul Qodr di 10 hari terakhir dari Bulan Ramadhan”. (HR. Bukhari)

Banyak Keistimewaan Malam al-Qodr ( lailatul qodri ). Di antaranya adalah: Pertama; Merupakan malam yang penuh berkah, sebagaimana yang difirmankan Allah: “Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang member peringatan.” (QS. AdDukhon: 3).

Ibnu ‘Abbas dan selainnya mengatakan, “Allah menurunkan Al Qur’an secara utuh sekaligus dari Lauhul Mahfuzh keBaitul ‘Izzah yang ada di langit dunia. Kemudian Allah menurunkan Al Qur’an kepada Rasulullah -shallallahu ‘alaihi wasallam- tersebu tsecara terpisah sesuai dengan kejadian-kejadian yang terjadi selama 23 tahun.” (Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, 14: 403).


“Malam kemuliaan itu lebih baik dariseribu bulan.” (QS. Al Qadar: 3). An Nakho’I mengatakan, “Amalan di lailatul qadar lebih baik dari amalan di 1000 bulan.” (LihatLatho-if Al Ma’arif: 341). Mujahid, Qota dah dan ulamalainnya berpendapat bahwa yang dimaksud dengan lebih baik dari seribu bulan adalah shalat dan amalan pada lailatul qadar lebih baik dari shalat dan puasa di 1000 bulan yang tidak terdapat lailatul qadar. ( Zaadul Masiir, 9: 191 ). Wallohu ‘alam.


0 comments:

Post a Comment