Friday, May 10, 2013

Beberapa Bentuk Perbuatan Syirik

Beberapa Bentuk Perbuatan Syirik
Jum'at, 10 Mei 2013 / 29 Jumadil Akhir 1434 H


1. Sihir, kata sihir dalam bahasa Arab berarti : "Sesuatu yang tersembunyi dan faktor-faktor yang halus." Disebut sihir karena ia selalu dilakukan diujung malam secara sembunyi-sembunyi dengan efek yang berpengaruh secara halus.

    Rasulullah Shallallahu 'alaihi Wasallam Bersabda : "Jauhilah tujuh hal yang bisa membinasakan." Para sahabat bertanya ; apakah itu ya Rasulullah ? Beliau menjawab. "Mempersekutukan Allah dan sihir dan..." (Bukhori & Muslim).

2. Peramalan, maksudnya memohon untuk mengetahui peristiwa-peristiwa yang masih ghaib yang akan terjadi dimasa depan.

    Nabi bersabda : " Siapa yang mendatangi seorang dukun/peramal, lalu mempercayai apa yang ia katakan , maka ia telah kafir kepada apa yang diturunkan kepada Muhammad Shallallahu 'alaihi wasallam .(HR. Abu Daud)

3. Nusyrah, yaitu mengeluarkan sihir dengan sihir.  Rasulullah pernah ditanya tentang nusyrah, beliau menjawab : " Dia adalah pekerjaan setan ".(HR. Abu Daud)

4. Tanjim (perbintangan), maksudnya menjadikan keadaan bintang dan benda angkasa lainnya sebagai DASAR PENENTUAN berbagai peristiwa di bumi, baik sebagai sesuatu yang berpengaruh mutlak maupun hanya sebagai isyarat yang menyertai peristiwa-peristiwa bumi.

5. Al Istisqo bil anwa ( memohon siraman hujan kepada bintang).

6. Ath thiyarah maksudnya merasa pesimis terhadap sesuatu, menjadikan burung atau yang lainnya sebagai tanda-tanda keberkahan atau kemalangan.

7. At tama'im (jimat), Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda : " Barang siapa yang bergantung kepada sesuatu, maka Allah akan menyerahkan urusannya kepada sesuatu itu." (HR. At tirmidzi)

8. Ar ruqa (ruqyah yang syirkiyyah), yaitu mantra-mantra yang mengandung kesyirikan.

9. Memakai kalung atau benang untuk menolak madharat.

    Marilah kita bertawakkal kepada Allah, Insya Allah kita akan aman dari segala mara bahaya. Aamiin.

Ustadz Achmad Junaedi

Australia, 080513

0 comments:

Post a Comment