Monday, March 18, 2013

TOK..TOK…TOK…TOKEK..Tokek ‘Pembawa’ Rezeki ?

TOK..TOK…TOK…TOKEK..Tokek ‘Pembawa’ Rezeki ?
Jum'at, 08 Februari 2013/27 Rabiul Awwal 1434 H

Tokek adalah makhluk ciptaan Allah SWT. la adalah binatang yang memang dikaruniai suara berbeda dengan binatang yang lainnya, sebagai sarana mereka berkomunikasi. Layaknya ayam yang berkokok, anjing yang menggonggong, kuda yang meringkik, maka tokekpun bertokek.

      Sebagaimana suara gonggongan anjing yang banyak ditafsirkan dengan hal-hal yang macam-macam, suara tokekpun juga mempunyai tafsiran sendiri. Katanya kalau ada suara tokek, maka itu artinya akan ada rizki yang datang.

      Malam itu hujan baru saja reda. Rama, anak pak Tamam yang masih berusia tiga tahun menangis sejadi-jadinya, karena mendengar suara tokek di teras rumah. Istrinya pun terus menghibur sang anak agar tidak menangis, dan mengatakan kalau tokek itu tidak bakalan menyakiti Rama.

     Tapi namanya juga anak, kalau sudah takut, seambrek kata-kata yang disusun untuk melipur tak lagi mempan menghilangkan rasa takutnya itu. Pak Tamam segera meraih sapu lidi, dan bergegas hendak mengusir si tokek yang membuat takut anaknya.

"Jangan diusir, Mas! Kata bapak tokek itu membawa rizki buat kita!" cegah sang istri.

     Ada-ada saja. Memang, dalam dunia “katanya” tidak ada yang beneran. Semuanya serba mengada-ada, Bahkan kadang dipaksakan. Kadang pula akal dipaksa tunduk untuk menerima sesuatu yang tidak logis. Karena memang sebelumnya tidak ada dalam tuntunan yang diajarkan agama kita.

     Rozzak adalah salah satu Asmaul Husna yang berarti Maha Pemberi Rizki. Allah SWT yang menciptakan semua makhluk. Allah SWT pula yang memberi mereka rizki. Lantaran tidak mungkin Allah mendzalimi makhluk-makhluknya. Kalau dipikir-pikir, bagaimana mungkin seekor makhluk yang masih mengharap rizki dari Allah bisa mendatangkan rizki ?

     Ketika ada tokek yang lagi bersuara, jangan langsung ditafsirkan dengan hal-hal yang bisa mengotori akidah kita. Kita tidak tahu bahasa tokek. Bisa jadi dia sedang mengadakan komunikasi dengan teman-temannya. Karena seperti itulah bahasa dan suaranya. Seperti kambing yang selalu mengembek ketika lapar atau sedang menginginkan pasangan.

     Anggapan atau keyakinan seperti di atas sudah ada sejak zaman Jahiliyah, sebelum Rasulullah SAW diutus. Dalam kajian agama kita menyebutnya 'tathoyyur'. Hal itu sering kali mereka lakukan.

     Bahkan saking kuat keyakinannya pada suara-suara, burung atau angin, mereka bisa menunda safar (perjalanan) yang sudah mereka siapkan jauh-jauh hari. Adanya suara sesuatu itu seolah memberi isyarat tidak baik jika ia tetap melanjutkan perjalanannya saat itu. Ini adalah salah satu contohnya.

     Hal seperti di atas tidak diajarkan dalam Islam. Yang ada yaitu bahwa urusan rizki itu sudah diatur oleh Allah SWT. Tugas kita hanyalah menjemputnya. Dan yang namanya makhluk itu tidak bisa memberi manfaat, tidak pula madharat (bahaya).

     Akidah harus selalu kita jaga. Bisa jadi keyakinan-keyakinan semu yang kadang itu terkesan sepele bisa menodai. Kalau memang benar suara tokek itu pertanda datangnya rizki, maka beruntung sekali donk yang rumahnya dihuni banyak tokek ?

    Atau tidak perlu repot-repot kita bekerja, kalau mau kaya kita pelihara saja tokek sebanyak-banyaknya, biar selalu membawa rizki buat kita.

Waspadalah! Waspadalah! Jangan nodai kesucian akidah Anda!

GhoibRuqyah.com | Tokek Pembawa Rezeki

0 comments:

Post a Comment